Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

Cara Terbaru Memperbaiki Struktur Data Blog yang Error

Cara terbaru memperbaiki struktur data blog yang eror. Pagi sob. Sudah pernah nyoba ngetes blog anda di Structured data tesing tool Google Rich Snippet? Bagaimana hasilnya? Jika belum pernah mengetesnya, coba tes blog anda sob. Biasanya kebanyakan blogger tidak memperdulikan atau menyepelekan pengecekan ini. Padahal yang penting sob untuk meningkatkan trafic dan juga SEO pada blog sobat. Jika blog sobat tidak lolos tes atau terjadi error pada beberapa struktur, maka berarti blog anda sedang tidak sehat dan perlu diperbaiki strukturnya.

Cara Terbaru Memperbaiki Struktur Data Blog yang Error
Cara Terbaru Memperbaiki Struktur Data Blog yang Error

Lalu bagaimana cara memperbaikinya mas?

Nah, sebelum berbicara bagaimana cara memperbaikinya, sobat harus tahu dulu mengapa harus di cek, dan apa manfaatnya? Baru nanti kemudian soba melanjutkan cara pengecekan dan cara perbaikan. Mungkin jawaban dari dua pertanyaan tersebut telah terjawab sedikit di paragraf pertama tadi. Tapi saya akan mencoba mengulasknya lebih detail lagi tentang alasan dan manfaat pengecekan struktur data blog.

Sebenarnya sangat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat bila kita mau mengecek struktur blog kita. Sebab itu berpengaruh pada SEO dan rangking blog kita di mesin pencari terutama Google. Nah, sebelum anda melakukan pengetesan dan perbaikan, simaklah penjelasan tentang manfaat pengecekan struktur blog dibawah ini.

Manfaat Pengecekan dan Perbaikan Struktur Data Blog

1. Bisa mengetahui kesalahan struktur pada blog

Jika anda berinisiatif untuk melakukan pengecekan struktur data blog, anda akan mengetahui dimana letak kesalahannya. Biasanya, pengecekan akan terjadi error pada beberapa struktur bilamana anda menggunakan template geratisan. Ya, ini pernah saya alami. Memang tidak semua template geratisan terjadi error ketika dites. Namun sebagian besar pembuat template sengaja membuat strukturnya tidak lengkap agar bpara pengunjung mau memilih untuk membeli template yang premium.

"Lalu, bagaimana cara mengetahuinya mas?"

Coba saja ketika anda ingin mendownload template lihat spesifikasinya dulu. Jika ada tulisan, valid schema.org = premium, itu berarti schema.org yang valid atau yang benar adalah pada template yang versi permium saja. Schema.org itu sendiri adalah bagian dari struktur data blog.

2. Dapat meningkatkan kualitas SEO pada blog

Setelah anda melakukan pengecekan, anda mendapati beberapa struktur yang error. Jika anda melakukan perbaikan, ini tentu akan bisa meningkatkan SEO pada blog anda sob. Google pencarian lebih mudah membaca blog anda dan blog anda pun akan lebih berpeluang tampil di halaman pertama. 

"Yang error biasanya apa saja mas?"

Kalau soal error tergantung templatenya sob. Namun saya sering mendapati struktur yang kerap terjadi error adalah pada blogposting seperti image, mainEntityOfpage, author, name, headline, datepublished, dan datemodified. Hal itu sering saya alami setiap kali saya mengecek blog saya yang menggunakan template geratisan. Namun setelah diperbaiki akhirnya bisa teratasi.

3. Dapat meningkatkan trafic pengunjung

Setelah anda melakukan perbaikan, tentu blog anda akan bisa lebih mudah menduduki halaman pertama mesin pencarian seperti Google. Jika blog anda sering menduduki halaman pertama Google, sudah pasti trafic pengunjung akan membludak. Tapi hal itu tidak semudah yang anda bayangkan sob. Anda tidak bisa hanya mengandalkan perbaikan struktur data blog saja. Anda juga harus memikirkan cara lainnya untuk meningkatkan SEO dan trafic pengunjung blog anda. Seperti update artikel rutin, pemasangan backlink, promosi blog, dan lain sebagainya. Tapi jangan spam ya sob.

Cara Mengetes dan Memperbaiki Struktur Blog yang Eror

Setelah anda mengetahui manfaatnya, sekarang saatnya anda melakukan pengetesan atau pengecekan di Structured data tesing tool. Untuk pengetesan ini anda bisa memanfaatkan tools geratis yang disediakan oleh Google khusus untuk pengecekan data struktur. Jadi anda tidak perlu repot mencari tools untuk mengecek struktur blog sobat. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara mengecek struktur data blog

1. Silahkan sobat buka tool Google Rich Snippet.
2. Klik Ambil URL > masukkan salah satu URL postingan anda > Klik Ambil & Validasi. Lihat gambar dibawah ini.
Cara Terbaru Memperbaiki Struktur Data Blog yang Error

3. Setelah itu, cek arahkan kebawah. Jika ada yang eror berwarna merah, maka blog anda sedang bermasalah dan perlu perbaikan. Lihat gambar dibawah ini.
Cara Terbaru Memperbaiki Struktur Data Blog yang Error

Cara memperbaiki struktur data blog

Sebelum anda melakukan perbaikan, sebaiknya anda simpan dulu template anda untuk cadangan sob. Antisipasi kalau perbaikan yang dilakukan tidak sesuai. Dan untuk antisipasti kedua, agar anda tidak bingung, setelah perbaikan per poin, lakukanlah pengecekan ulang di tool google rich snippet dengan langsung mengeklik ambil dan validasi.

1. Memberbaiki error pada image

Silahkan sobat cari kode seperti dibawah ini atau sejenisnya (yang mirip) dengan menekan ctrl+f  di Edit HTML.

<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Lalu masukkan kode berikut ini tepat dibawah kode yang anda cari tadi.
<b:if cond='data:post.firstImageUrl'> <div itemprop='image' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'> <meta itemprop="url" expr:content='data:post.firstImageUrl'/> <meta itemprop="width" content='700'/> <meta itemprop="height" content='700'/> </div> </b:if>

2. Missing error pada image_url

Jika anda menemukan eror pada image_url. Silahkan anda cari kode seperti dibawah ini.
<meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image_url'/>

Ganti kode yang berwarna merah dengan kode 'image'

3. Missing error pada author dan name

Carilah kode <data:post.body/> dan masukkan kode berikut ini tepat dibawah kode yang anda cari.
<!-- hCard"author and name" --> <span class='post-author vcard'> <b:if cond='data:top.showAuthor'> <data:top.authorLabel/> <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'> <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'> <meta expr:content='data:post.authorProfileUrl' itemprop='url'/> <a class='g-profile' expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'> <span itemprop='name'><data:post.author/></span> </a> </span> <b:else/> <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'> <span itemprop='name'><data:post.author/></span> </span> </b:if> </b:if> </span> <!-- hCard"author and name" -->

4. Missing error pada publisher

Silahkan sobat cari kode seperti berikut ini atau sejenisnya.
<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Lalu masukkan kode berikut ini dibawah kode yang anda cari tersebut.
<div itemprop="publisher" itemscope='itemscope' itemtype="https://schema.org/Organization"> <div itemprop="logo" itemscope='itemscope' itemtype="https://schema.org/ImageObject"> <meta itemprop="url" content="http://mascholis7.blogspot.co.id"/> <meta itemprop="width" content="600"/> <meta itemprop="height" content="600"/> </div> <meta itemprop="name" expr:content="data:blog.title"/> </div>

5. Mengatasi error maintEntityOfpage

Carilah kode seperti berikut ini atau sejenisnya.
<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Kemudian masukkanlah kode berikut ini dibawah kode yang anda cari.
<div itemscope='itemscope' itemprop="mainEntityOfPage" itemType="https://schema.org/WebPage"/>

6. Mengatasi error pada headline

Headline berkaitan dengan h1, h2, dan h3. Silahkan anda cari kode dibawah ini
<h1 class='post-title entry-title' itemprop='name'>
<h2 class='post-title entry-title' itemprop='name'> 
<h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'>

Gantilah tulisan yang berwarna merah atau 'name' dengan tulisan 'headline'

7.  Missing error pada datePublished dan dateModified

Carilah kode seperti berikut ini atau yang mirip.
<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Kemudian letakkan kode berikut ini tepat dibawah kode yang anda cari sob
<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:content='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished dateModified'><span class='updated'><data:post.dateHeader/>T<data:post.timestamp/></span></abbr></a>

8. Mengatasi error pada updated

Silahkan sobat cari kode seperti dibawah ini.
<abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>

Gantilah kode yang anda cari tersebut dengan kode dibawah ini.
<abbr class='published' expr:content='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><span class='updated'><data:post.timestamp/></span></abbr></a>

9. Mengatasi error pada property postId & blogId not recognized

Jika anda menemukan eror pada postId dan blogId. Silahkan sobat hapus kode seperti dibawah ini jika ditemukan di edit HTML blog sobat.
<meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/> 
<meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>
<![endif]-->

10. Tambahan anda disini sob

Jika sobat menemukan error lainnya dan tidak tercantum pada artikel saya. Anda bisa menambahkannya dengan menuliskan di kolom komentar.
Oke. Jika anda telah melakukan perbaikan, silahkan anda cek kembali sob. Apakah masih terjadi error? Jika anda melakukan perbaikan dengan benar dan melakukannya sesuai cara diatas, insyaallah masalah error pada struktur data blog anda akan teratasi sob. Jika sudah teratasi, anda tidak perlu khawatir dan gelisah lagi tentang ke-error-an struktur blog. Jadi sobat bisa lebih fokus untuk melanjutkan rutinitas membuat artikel. 
Demikian artikel dari saya tentang cara terbaru memperbaiki struktur data blog yang error, jika sobat masih bingung atau masih saja terdapat error. Silahkan bertanya dengan menuliskan di kolom komentar. Insyaallah saya bantu sob. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Dan terimakasih.

Post a Comment:

  1. Unknown

    MAKASIH TUTORIALNYA.... KEMAREN SAYA SEMPAT MENGALAMINYA WAKTU SAYA PAKAI TEMPLATE TERTENTU AKAN TETAPI SEKARANGG UDAH TIDAK LAGI SETELAH SAYA GANTI TEMPLATE...MASALAH SEPERTI ITU BIASANYA DI KARENAKAN PENGUNAAN TEMPLATE....TERIMA KASIH PAK BOSS SAYA MASIH BARU DI DUNIA BLOGER...TOLONG KOREKSI BLOG SAYA DI SINI PAK BOSS::https://bocah-kop.blogspot.com/

    Balas Hapus
  2. Andrian Vernandes

    Mas mau tanya. Missing error pada author dan name itu kan cari . Di template biasanya kan ada 2 atau 3 buah kode . Yang mana nya yang kita pakai mas? Trims

    Balas Hapus
    Balas
  3. Sewa Vila

    makasih banyak yang berhasil di terapkan di blog saya

    Balas Hapus
    Balas
  4. Jogmag

    Assalaamu'alaikum....selamat pagi Kang.

    Aku ada kesalahan di data struktur datePublished n dateModified. Sudah aku coba mengikuti saran dari berbagai sumber, tetap saja hasilnya nihil.

    Sebelum aku terapin cara akang, bisa gak kang Cholis cek blog aku dulu...? Agar aku bisa mendapatkan saran - saran yang terbaik dari kang Cholis.

    Terima Kasih.

    Balas Hapus
    • kholis

      Wa'alaikumsalam.. maaf baru balas..
      .
      Saya cek strukturnya sudah tidak ada yang eror. kecepatan loading juga sudah bagus.
      SEO di chkme juga sudah bagus.
      mungkin tinggal dikembangkan lagi mas.
      .
      sama-sama.
      terima kasih juga telah berkunjung..

      Hapus
    Balas
  5. Jogmag

    Alhamdulillah kang, deh bisa pake cara akang..datePublished n dateModified kaga error lagi. Terima kasih banyak ya kang..

    Balas Hapus
    Balas
  6. Unknown

    Author ane tetep error gan.. padahal ane udah paste script diatas.. apa ada yang hrus sirubah lagi script nya?

    Balas Hapus
    Balas
  7. profesor gerobak

    sangat bermanfaat untuk saya..maksih

    Balas Hapus
  8. hunt

    selamat malam gan, artikelnya sangat bermanfaat..
    Tapi saya mau tanya gan, saya sudah terapkan cara yang ada pada artikel agan ini untuk missing updated, berapa lama efeknya mulai nampak gan, karena setelah saya terapkan statusnya masih error gan..

    Terima kasih :)
    Mohon jawabannya mas

    Balas Hapus
    Balas
  9. Fuad Hamdi  Bahar

    Waduh, keren bang, bermanfaat

    Balas Hapus
    Balas
  10. Proyek Rahasia

    Selamat Malam TIPSIM.com
    terima kasih postingannya sangat bermanfaat karena work di saya. saya haturkan beribu ribu terima kasih.

    Balas Hapus
    Balas
  11. Wong Jawa

    bro imagenya ko masih peringtan trus ya sya coba

    Balas Hapus
    • kholis

      saya coba bisa bro.. kurang pas peletakannya mungkin.
      kode image itu bisa diletakkan di mana saja dalam bagian artikel, asal masih lingkup HTML dan dengan itemtype='http://schema.org/BlogPosting'

      Hapus
    Balas
  12. Dani Ananto

    kalau memperbaiki eror data struktur update bagaimana ya mas?

    Balas Hapus
    Balas
  13. luffyou

    bang mau tanya, supaya blog bisa di setujui untuk google adsense gmn ya? trims

    Balas Hapus
    • kholis

      Artikel yang dibuat tidak boleh copas dan buat artikel yang berkualitas, dan usahakan artikel yang dibuat memiliki lebih dari 700 atau 1000 kata.. perhatikan juga kelengkapan blog. Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa lihat di sini mas.. http://www.tipsim.com/2016/05/rahasia-daftar-google-adsense.html
      . apabila ada yang ditanyakan bisa contac mas..
      jika kurang jelas bisa mencari referensi lebih luas di internet..

      Hapus
    Balas
  14. felisha akbar

    thank banget, memang kodenya gak mirip, tapi dengan mmberanikan diri replace alhamdulillah jadi juga

    Balas Hapus
    Balas
  15. Liputan Berita 21

    bang kira kira kode itu di verifikasi dulu gak dari google nya, kalo di verifikasi kira-kira berapa hari?

    Balas Hapus
  16. Liputan Berita 21

    bang struktur kode untuk entry-tittle yang mana

    Balas Hapus
Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)