Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

10 Tips Menulis Artikel Blog agar Disukai Banyak Pembaca

Tips menulis artikel blog agar disukai banyak pembaca. Selamat pagi sob. Di pagi yang cerah ini saya akan berbagi tips bagaimana cara menulis artikel agar disukai banyak pembaca. Dalam menulis artikel sangat penting bagi anda untuk memperhatikan hal ini sob. Jadi, jangan asal nulis yang penting ada isinya. Tulislah artikel yang berkualitas dan mudah dipahami.

"Mengapa demikian mas?"

Tips Menulis Artikel Blog
Tips Menulis Artikel Blog

Sebab jika artikel yang anda tulis hanya sekedar artikel yang sulit dipahami, tentu saja pengunjung tidak akan suka dengan artikel anda. Bahkan melirik pun mungkin tidak mau sob. Hehehe.. Nah, agar pengunjung bisa suka dengan artikel anda, yang perlu anda lakukan adalah membuat artikel yang berkualitas, yang bermanfaat, dan mudah dipahami oleh pembaca.

"Bagaimana caranya mas? Artikel yang disukai pembaca itu yang seperti apa?"

Caranya ya tetap sama seperti anda menulis artikel sob. Hanya saja lebih ada perubahan pada bahasa dan aspek lainnya untuk menarik perhatian pengunjung. Ini sama halnya anda menarik perhatian orang yang anda sukai sob. Oke langsung saja simak tipsnya berikut ini.

Tips menulis artikel blog


1. Tulislah artikel seperti halnya anda ngomong sama teman

Nah, tulislah artikel yang bahasanya mudah dipahami sob. Ketika anda menulis artikel, bayangkan saja anda sedang ngomong sama teman anda sendiri, tapi menggunakan bahasa Indonesia. Dengan begitu, para pembaca pasti akan suka dengan artikel anda karena mudah dipahami. Artikel terlihat ramah dan tidak terlihat tegang.

2. Jangan terlalu banyak basa-basi

Perlu anda perhatikan sob, dalam menulis artikel jangan terlalu banyak memberikan basa-basi. Pengguna internet sekarang sudah super sibuk, jadi tidak mungkin mereka akan menghabiskan waktunya untuk membaca basa-basi anda. 

Basa-basi boleh, tapi jangan terlalu banyak dan berlebihan. Secukupnya saja dan jangan sampai menyimpang dari topik artikel yang anda tulis. 

3. Libatkanlah pembaca

Mungkin jika anda sering membaca blog ini akan sering menjumpai kata 'sobat' atau 'sob'. Ini saya tulis sebab saya ingin melibatkan pembaca dalam blog saya. Jadi, ketika pengunjung membaca artikel tersebut akan merasa lebih nyaman dan bersahabat. 

Dalam menulis artikel tidak hanya membahas tentang 'saya', 'dia', 'saya', atau 'dia'. Jika pengunjungnya adalah orang sensitif, kemungkinan pengunjung akan ngambek karena tidak dianggap. Hehehe...

4. Tahu topik yang akan ditulis

Mungkin sobat merasa bingung, setiap hari melakukan update artikel bahkan sampai 10 artikel. Tapi kok pengunjung tidak suka membaca artikel yang anda tulis. Apa penyebabnya ya? Coba tengok kembali sob. Apakah anda paham dengan topik yang anda tulis dan anda jadikan artikel? 

Ada perbedaan antara artikel yang penulisnya benar-benar paham dan yang hanya sekedar menulis atau ikut-ikutan. Salah satu perbedaannya yaitu terletak pada kata-katanya. Jika anda merasa blog anda sepi pengunjung meski artikelnya banyak, mungkin itu salah satu penyebabnya sob. 

 

5. Gunakanlah gaya bahasa yang mudah dipahami orang lain

Dalam menulis artikel, gunakanlah gaya bahasa yang mudah dipahami sob. Jangan terlalu menggunakan gaya bahasa yang tinggi dan susah dipahami. Pemahaman setiap orang berbeda sob, ada yang cerdas, ada yang lumayan cerdas, dan ada juga yang tidak cerdas sama sekali, tapi bukan berarti bodoh ya sob.

"Lalu seperti apa gaya bahasa yang mudah dipahami mas?"

Adapun gaya bahasa yang mudah dipahami adalah:
  • Menggunakan kosa kata sederhana
  • Tidak memutar-mutar kata
  • Tidak menggunakan istilah yang tidak jelas
  • Dan masih banyak lagi.

6. Jangan menulis paragraf terlalu panjang

Menulis artikel dengan beribu-ribu kata memang bagus sob, tapi bukan berarti anda harus menulis berbaris-baris hingga 10 barus dalam satu paragraf. Yang ada malah akan membuat pengunjung kebingungan. Tulislah dalam satu paragraf setidaknya 2-4 baris agar lebih mudah dibaca pengunjung.

7. Gunakanlah subheading

Mungkin hal ini sering disepelekan oleh blogger. Jangan sampai lupa menggunakan subheading sob.

"Apa tujuannya menggunakan subheading mas?"

Yaitu agar pengunjung tidak bingung memebacanya, agar bisa membedakan mana poin-poinnya. Jika ukuran tulisannya sama semua, pengunjung akan kesulitan dalam membedakan. Bisa-bisa nanti matanya pegal dan bengkak karena kesulitan mencari poin-poin dari artikel yang anda tulis sob.

8. Gunakanlah bullet point

Mungkin yang belum pernah mendengar kata bullet point akan bingung dan bertanya, apa sih bullet point itu?

Yang saya maksud buller point itu adalah tanda penunjuk berbentuk bulat pada setiap poin dalam artikel. Berikut ini contohnya:
  • Ini bullet point
  • Sebelah kiri berbentuk bulat
  • Ini sangat penting untuk dipasang
  • Enak dilihat dan enak dibaca
  • Oke sob?

9. Jangan lupa gunakan gambar

Jangan sampai anda melupakan gambar dalam pembuatan artikel sob. Ini sangat penting. Jika tak ada gambar, pengunjung akan lebih sulit memahami artikel yang anda tulis. Foto atau gambar akan membantu pengunjung membayangkan gambaran dari artikel yang anda tulis sob.

10. Edit dan teliti lagi sebelum dipublishkan

Setelah anda selesai menulis artikel, jangan langsung di publish sob. Edit terlebih dahulu. Dirapikan dulu. Teliti lagi kalau ada kata yang salah. Baca ulang artikel yang telah anda tulis, mungkin saja ada kata yang salah ketik. 

Perbaiki kata dan hapus kalimat yang tidak terlalu penting. Jangan sampai salah satu huruf. Salah satu huruf sudah merubah makna lho sob. hehehe...

Mungkin hanya itu saja tips menulis artikel yang bisa saya bagikan sob. Semoga tips ini bisa membantu sobat dalam menulis artikel. Kalau sudah ada perkembangan lagi dari saya, tunggu updatenya sob. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Baca juga  Cara membuat postingan artikel yang SEO Friendly

Post a Comment:

  1. Anisa AE

    Sangat membantu, hehe. Saya juga masih berusaha menulis artikel dengan gaya bahasa yang baik.

    Balas Hapus
    Balas
Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)