Daftarkan email kamu untuk mendapatkan tips dan panduannya GRATIS.

Social Items

3 Rahasia Menaikkan Trafik Blog Meski Jarang Posting

Rahasia Menaikkan trafik blog meski jarang posting. Pagi sob, kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang merupakan rahasia dikalangan blogger. Ya, cara menaikkan trafik blog. Bagi para blogger, tentu memiliki satu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan, yaitu menulis artikel postingan. Bukan hanya sekedar menulis 1 atau 2 artikel, tapi terus menerus dan harus konsisten. Sebab itulah salah satu cara untuk membuat blog kita lebih cepat populer dan menaikkan trafik.

Mungkin bagi sebagian blogger menganggap kalau menulis artikel konsisten itu adalah suatu hal yang sulit. Sebab harus melawan rasa malas yang begitu besar. Apalagi jika harus meulis artikel yang panjangnya hingga 1500 kata lebih. Rasa malas yang datang akan berkali lipat. Itulah salah satu kendala terbesar para blogger.

Rahasia Menaikkan Trafik Blog
Rahasia Menaikkan Trafik Blog
Dalam ngeblog, ada banyak kendala dalam menulis artikel, diantaranya rasa malas, tak ada inspirasi, idenya hilang, dan sebagainya. Setiap blogger pasti pernah merasakan dan mengalaminya. Dan saya sendiri pun sering mengalami sob. Bahkan akibat kendala-kendala tersebut terkadang membuat saya berpikir untuk berhenti dan mengundurkan diri sebagai blogger. Sayang sekali kan kalau itu terjadi pada anda sob?

Semua blogger pasti tahu kalau rutin, rajin, dan konsisten dalam menulis artikel itu bisa menaikkan trafik blog. Dan itu memang benar. Tapi bukan berarti itu satu-satunya carauntuk menaikkan trafik blog sob. Banyak cara lain yang juga harus dilakukan oleh seorang blogger untuk menaikkan trafiknya. Bahkan meskipun jarang posting, sebenarnya anda bisa menaikkan trafik blog. Mungkin bagi sebagian blogger tidak percaya akan hal ini. Tapi anda bisa membuktikannya sob. 

"Bagaimana caranya kok bisa menaikkan trafik blog? Padahal kan jarang posting mas?"

Semua orang bisa melakukan cara ini. Tapi bukan berarti cara ini sangat mudah sob. Saya tidak bilang ini mudah dan tidak bilang kalau ini sulit. Semua orang bisa melakukannya kalau ada niat yang serius. Jika anda berhasil melakukan cara ini, bukan hanya menaikkan trafik blog anda sob, tapi blog anda pun bisa stabil di trafik yang tinggi. Meskipun anda jarang posting, ini bisa anda lakukan sob. Banyak blog yang telah menerapkan cara ini dan banyak diantara mereka yang berhasil. Contohnya sugeng.id, saya lihat blognya mas sugeng itu jarang posting bahkan dalam sebulan pun tidak pernah posting. Tapi pengunjungnya selalu stabil dan bahkan meningkat. Mungkin bagi anda yang belum tahu caranya langsung bertanya. 

"Kok bisa mas? Saya saja yang posting tiap hari trafiknya masih saja tetap"

Tenang sob, saya akan membagikan rahasia dari cara tersebut. Nah, sekarang silahkan anda simak rahasinya dibawah ini.

1. Membuat Evergreen Content

Pernah mendengar kata evergreen content sob? Mungkin banyk yang belum pernah mendengar istilah ini. Dan saya pun barus kemarin mendengar istilah ini. Apa itu evergreen content? Berdasarkan pemahaman saya dari beberapa sumber yang saya baca, evergreen content adalah blog yang kontennya bersifat relevan meski dibaca kapan saja. 

"Apa itu yang dimaksud konten relevan mas?"
Konten tersebut tidak mudah basi, tidak mudah expired, dan pastinya berumur panjang. 

"Lalu, konten relevan itu yang membahas tentang apa?"

Konten yang relevan atau tidak mudah basi itu adalah konten yang memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Artikel definisi

Artikel definisi adalah artikel yang membahas tentang arti, pengertian, penjelasan, atau maksud dari suatu hal yang menjadi topik bahasan. Misalnya, Apa itu HTML? Apa itu SEO? Apa itu Coding?, dan masih banyak lagi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu dijeaskan secara mendetail yang meliputi pengertian, arti, maksud, macam-macamnya, dan masih banyak lagi. Dengan membuat artikel definisi, postingan yang ada di blog anda tidak akan mudah basi.

"Loh, artikel definisi itu kan sudah ada semua di wikipedia mas?"

Memang di wikipedia sebagian besar telah ada. Namun kita harus bisa membuat suatu artikel definisi yang beda. Beda dari yang lain. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan bahasa kita sendiri. Silahkan anda mengambil informasi dari beberapa sumber, tapi kemaslah dengan bahasa anda sendiri, kata-kata anda sendiri, dan pastinya yang mudah untuk dipahami. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kalau blog anda bisa menjadi yang teratas.

2. Artikel panduan atau tutorial

Artikel panduan adalah suatu artikel yang mejelaskan tentang cara membuat sesuatu atau cara melakukan sesuatu. Di artikel tersebut disertai dengan penjelasan dan langkah-langkahnya step by step. Artikel jenis inilah yang saya ambil dan saya terapkan di blog saya. Mengapa saya memilih artikel jenis ini? Sebab artikel panduan atau tutorial pasti akan dipakai setiap orang yang membutuhkan. Dan selama apa yang dijadikan tutorial itu tidak mengalami perubahan, sampai kapanpun tutorial itu pasti akan dipakai. Itu sebabnya artikel tidak mudah basi.

"Lalu, seperti apa artikel tutorial itu mas?"

Anda bisa melihatnya di blog saya sob, sebagian besar artikel di blog saya merupakan artikel tutorial atau panduan.

3. Artikel daftar

Artikel daftar adalah artikel yang menampilkan daftar dari suatu hal. Biasanya artikel daftar ini diawali dengan angka pada judulnya. 


Artikel ini sebenarnya sangat efektif untuk mempertahankan trafik blog. Bahkan bisa lebih cepat naik dibandingkan artikel lainnya. Tapi juga harus ingat, artikel yang ditulis harus yang berkualitas, bermanfaat, dan memiliki keunikan tersendiri yang bisa menarik rasa penasaran para pengunjung. 

2. Perbarui Konten yang Sudah Ada

Memperbarui konten yang sudah ada merupakan salah satu hal yang perlu anda lakukan. Misalnya, anda membuat suatu konten sudah beberapa bulan yang lalu, lalu konten tersebut sekarang sudah terlihat basi. Maka yang anda lakukan bukanlah membuat postingan baru, tapi mengedit artikel tersebut dan mempublishkannya kembali. 

Cara ini sangatlah cocok bagi anda yang sedang moinim inspirasi dan juga malas mengetik. Anda bisa memperbaiki artikel yang lama, Misalnya dengan memperbaiki kata-kata yang salah, perbaikan salah ketik, perbarui informasi, atau melengkapi kekurangan dari artikel tersebut. 

"Apa manfaat dari memperbarui artikel mas? Bukannya sama saja dan tidak memberikan efek?"

Anggapan itu salah, anda tetap mendapatkan keuntungan dari pengeditan kembali artikel yang sudah ada. Bahkan keuntungan ini bisa dibilang sangat baik. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dari mengedit kemabali artikel:
  • Artikel terlihat lebih berkualitas.
  • Masa expired artikel menjadi lebih panjang.
  • Artikel tersebut menjadi lebih disukai Google. Sebab Google suka dengan artikel yang up to date.
  • Setelah mendapat rangking teratas, pengunjung akan lebih banyak dan akhirnya trafik menjadi naik.

3. Tingkatkan promosi blog

Promosi adalah hal yang sangat penting untuk anda lakukan jika ingin blog anda cepat populer. Namun biasanya banyak blogger yang melupakan cara ini. Padahal cara ini sangat cepat dan bahkan paling cepat dari cara lainnya untuk meningkatkan trafik blog. Perlu anda ketahui kalau ngeblog itu bukan cuma update dan update artikel. Tapi juga melakukan cara lain agar blog anda bisa dikenal banyak orang. Yaitu dengan mempromosikan artikel dan blog anda. 

"Lalu, kapan ane harus mempromosikan blog ane mas?"

Berbicara tentang kapan harus promosi. Jika blog anda masih terbilang baru, maka lakukanlah promosi setelah artikel dalam blog anda telah mencukupi, dan artikel tersebut merupakan artikel yang berkualitas dan tidak mudah basi, kini saatnya anda melakukan promosi diberbagai tempat atau diberbagai media sosial seperti google+, facebook, twitter, linkedin, dan media sosial lainnya. Dengan promosi ini akan membuat blog anda menjadi lebih cepat populer daripada anda selalu menulis artikel tapi tidak pernah dipromosikan. Tapi anda harus tetap mengingat satu hal, artikel yang anda tulis harus benar-benar berkualitas dan tida mudah basi.
Demikian artikel saya mengenai 3 Rahasia Menaikkan Trafik Blog Meski Jarang Posting. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan di komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat sob. Selamat mencoba, dan terimakasih telah membaca.

Post a Comment:

Tambahkan komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)